Posted on Leave a comment

4 Faktor Penentu Yang Harus Diperhatikan Seorang Fotografer Profesional


Fotografi.

Saat ini seni dalam dunia fotografi selain menjadi ajang untuk hobby dan juga ajang unjuk gigi dari kreativitas para fotografer, fotografi juga menjadi salah satu media dalam berbisnis yang sangat menjanjikan, seperti dapat kita ambil contoh beberapa foto yang diambil oleh fotografer-fotografer handal terkenal yang dapat dihargai jutaan bahkan ratusan juta rupiah untuk satu hasil foto yang mereka hasilkan.

Membahas tentang dunia fotografi memang tidak ada habisnya, selain hobi, mengasah bakat dan juga kreativitas dalam pemotretan. Para pelaku fotografi atau yang biasa disebut dengan fotografer dapat menuangkan imajinasi serta kreativitas mereka dalam setiap foto yang mereka tangkap disetiap jepretan kamera yang mereka hasilkan.

Tentu saja kegiatan itu tidak lepas dari yang namanya latihan keras seperti mengasah skill dan juga alat-alat yang mendukung kegiatan fotografi tersebut.

Lalu, apa sih rahasia para fotografer handal dalam setiap kegiatan pemotretan mereka?


1. Tekun serta Konsisten

Point pertama yang pasti harus kamu perhatikan adalah latihan yang keras, tekun dan juga konsisten.

Mengapa demikian? seni dalam fotografi adalah suatu hal yang cukup sulit untuk dipelajari, tidak hanya dengan beberapa praktek pengambilan gambar yang bisa dibilang “bagus”, seseorang langsung di katakan “bisa” menjadi seorang fotografer. Untuk menjadi seorang fotografer handal, yang paling diperlukan adalah ketekunan serta konsistensi dalam belajar.

Kamu harus rajin membaca buku ataupun melihat video tutorial-tutorial para fotografer profesinal yang ada.

Kamu juga bisa belajar banyak sekali teknik fotografi dari internet seperti membaca artikel-artikel yang ada dan juga yang lebih mudah dipahami saat ini adalah banyak sekali video-video tutorial yang ada seperti di YouTube ataupun platform lainnya yang mudah kamu pelajari langsung.

2. Alat-alat Yang Mendukung Kegiatan Fotografi

Point kedua yang harus kamu perhatikan adalah alat-alat yang mumpuni untuk kegiatan fotografi kamu. Fotografi sendiri bisa di bilang sebagai hobi yang cukup sulit dan agak mahal, seperti yang kita ketahui, seorang fotografer perlu merogoh kocek yang lumayan banyak untuk melengkapi alat-alat yang di butuhkan untuk mendukung kegiatan fotografi yang ia lakukan.

Memilih alat untuk melakukan kegiatan fotografi tidak bisa pula sembarangan memilih. Seperti kata pepatah, “ada harga ada kualitas”, semakin bagus kualitas alat yang kamu gunakan maka hal tersebut akan membantu meningkatkan kualitas dari hasil foto kamu.

Sebagai seorang fotografer, kamu harus memilih dan juga memahami kualitas kamera yang menurut kamu terbaik, solid dan tentu saja nyaman untuk kamu gunakan.

Lalu selain pemilihan kamera, jenis aksesoris juga perlu diperhatikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam setiap pemotretan. Salah satu aksesoris yang cukup penting adalah flash. Memilih flash juga harus disesuaikan dengan kamera yang kamu gunakan seperti misalnya jika tipe kamera mu adalah Canon EOS/ Nikon DSLR/ Sony/ Fuji/ Olympus maupun Camera panasonic, Thinklite TTL Camera Flash TT685 Series yang dibuat oleh Godox photo lightning solution dengan master and slave wireless flash system ini sangat cocok untuk kamu gunakan agar mendapatkan hasil pencahayaan yang sempurna dengan sangat mudah. Lalu, kamu juga perlu mengetahui fitur-fitur yang ada pada setiap alat yang kamu gunakan seperti Produk dari Godox TT685 series ini.

Produk TT685 Series ini sendiri memiliki fitur seperti :

-Built in godox 2.4GHz wireless X yang memiliki sistem optik transmisi dengan output yang stabil. Lalu dengan transmisi 2.4GHz wireless all in one yang bahkan bisa menangkap transmisi sampai dengan jarak 100 meter.

-Master and Slave Flash yang terdapat pada TT685 series yang tentu saja pada setiap seriesnya berbeda seperti pada TT685C yang dapat men-trigger speedlite canon e.g. 600EX-RT, 580EX II mode TTL ataupun manual.

-Fully support TTL Fuctions. Sistem yang satu ini dapat mendukung TTL autoflash dengan kecepatan sinkronisasi sebesar 1/8000s, Flash Exposure compensation, Flash Exposure Lock, Flash Exposure, Modeling flash dan lain sebagainya.

Selain itu, TT685 Series juga memiliki kegunaan lain seperti GN60 (m ISO 100@200mm) 22 steps of power output (1/1-1/128) dengan waktu recycle kurang lebih .0.1-2.6s 230 full power flashes yang menggunakan baterai sebesar 2500mAh (Ni-MH).

Lalu TT685 series juga mendukung TTL/M/Multi/S1/S2. Auto maupun manual zoom head dari 20 samapi 200mm. dan juga support untuk Port USB.

TT685 Series ini sendiri memiliki 5 varian yaitu :

-TT685C

-TT685N

-TT685S

-TT685F

-TT685O

Yang perlu kamu perhatikan dari point ini adalah berbeda varian dari seri TT685 berbeda juga kompatibilitas atau kamera yang dapat dipasangkan dengan tambahan flash ini, seperti :

-TT685C yang cocok dengan Canon EOS Cameras (E-TTL II Autoflash) e.g. 600EX-RT, 580EX II di mode TTL ataupun manual.

-TT685N yang dapat mengatur kontrol speedlight Nikon e.g. SB-900, SB-910 lalu sebagai slave under control dari nikon speedlight e.g. SB900, SB910 ETC dan wireless command pop up flash Nikon D7100/D7000/D800 dan lain-lain.

-TT685S yang dapat mengatur kontrol flash kamera sony e.g. HVL-F60M, HVL-F43M dan HVL-F32M.

-TT685F/TT685O Slave yang bisa compatible dengan X1 series flash trigger.

-TT685 Series dari godox memiliki kecepatan durasi sebesar 1/300 sampai 1/20000 detik.

Lalu pada sektor baterai didukung dengan baterai bertipe  AA dengan rekomendasi menggunakan Ni-MH Batterie atau 4xLR6 baterai Alkaline dengan waktu recycle kurang lebih 0.1-2.6s (baterai Enelop Ni-MH dari Panasonic) Dengan dilengkapi lampu indikator yang akan menyala jika lampu flash siap di gunakan serta dengan port wireless 3.5mm sync line dan temperatur warna yang dihasilkan pada 5600+-200k.

TT685 Series ini memiliki dimensi WxHxD sebesar 64x76x190mm yang nyaman digunakan pada saat proses pemotretan berlangsung dengan berat tanpa baterai sekitar 410g.

Tentu saja aksesoris seperti tambahan flash untuk kamera ini sangat penting di perhatikan pemilihannya, karena kalian tidak inginkan hasil dari jepretan magic kamera kalian mendapatkan hasil yang gelap? yang ada nanti hanya membuang-buang waktu dan juga tenanga bukan?

3.Kesiapan Mental

Point ke tiga yang perlu diperhatikan dalam beberapa faktor penentu untuk menjadi seorang fotografer professional adalah kesiapan mental, selain menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan, kesiapan mental juga sangat dibutuhkan untuk menghadapi sesi pemotretan. Lalu kamu juga perlu menyiapkan mental untuk hal-hal yang tidak terduga, seperti jika kamu harus melakukan sesi pemotetran outdoor yang menuntut kamu harus berpergian jauh, tentu saja mental dan juga fisik kamu diperlukan, selain itu, kesiapan budget juga diperlukan untuk ongkos seperti angkutan umum ataupun bensin, dan itu semua hanya berlaku jika hanya kamu saja yang melakukan project tersebut. Jika kamu memiliki crew, tentu saja kamu juga perlu memperhitungkan tentang jika kamu bepergian dengan crew, kamu perlu memikirkan tentang pengeluaran yang sangat basar, dan lagi mental serta kesiapan kamu menghadapi situasi seperti ini sangat diperlukan untuk setiap sesi kegiatan yang kamu lakukan.

4.Menemukan Passion atau Ciri Khas Foto

Point keempat adalah teknik yang kamu gunakan serta ciri khas dari foto kamu. Tentu saja seorang fotografer dinilai dari hasil fotonya, foto yang kamu hasilkan dapat mencerminkan kamu seorang fotografer yang seperti apa. Refleksi serta fokus dari objek  foto yang kamu hasilkan serta ketajaman dari hdr warna yang kamu dapatkan dapat menentukan penilaian dari penikmati foto untuk foto yang kamu hasilkan, point keempat ini masih berhubungan dengan point pertama yang dibahas sebelumnya, banyak teknik yang harus kamu pelajari serta kamu kuasai agar kamu mendapatkan ciri khas dari foto yang kamu hasilkan dan lagi, tentu juga kamu harus memahami berbagai macam teknik pemotretan yang kamu lakukan lalu kamu harus menemukan atau membuat sebuah gebrakan yang kamu ciptakan, hal ini akan membuat mu dikenal banyak orang, dengan membuat style atau gebrakan baru dalam dunia fotografi tentu saja akan membuat nama mu semakin dikenal dalam dunia fotografi, memang hal ini tidak mudah, perlu kreativitas lebih dalam menentukan hal seperti ini, namun dengan banyak belajar dan terus menambah pengalam, akan membuat mu semakin cepat mewujudkan hal tersebut.

Selain itu, relasi juga perlu kamu perhatikan, karena dengan berhubungan dengan fotografer lain ataupun klien yang ada, akan mempermudah jalan mu menjadi seorang fotografer profesional yang semakin dikenal banyak orang.

Nah demikian beberapa faktor penentu yang harus kamu perhatikan ketika kamu ingin menjadi seorang fotografer profesional, semoga bermanfaat.

Leave a Reply